Tuesday, November 29, 2016

Suka Duka Kuliah Jurusan Hukum Part 3 "Habis"

Hi aku balik lagi buat nyelesain bagian akhir dari artikel ini, Di kantor sendiri, teman-teman pada ke Pengadilan hari ini ada beberapa teman-teman akan menjalani penyumpahan sebelum diresmikan menjadi Advokad.

Daripada aku bengong (Nanti kesurupan 😈😈😈ha ha ha) kali ini aku mau share ke teman-teman semua tentang  "Setelah Lulus dari Fakultas Hukum Mau Kemana" (ngk kemana-mana bang :P) ha ha ha ha... πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Pastikan dulu kalian sudah menyelesaikan skripsi dan tetek bengenya perkuliahan seperti nilai yang buruk siapa tau bisa direfisi atau mengulang mata kuliah yang belum lulus dari semester sebelumnya" ha ha ha ketahuan lhu banyak mainya :PπŸ˜†πŸ˜†πŸ˜† "Setelah semua selesai pastinya kamu sudah bisa di wisuda dan mendapat gelar sarjana Hukum " Yippi" πŸ‘ŠπŸ‘Š πŸ‘Š

Sudah Lulus Sarjana Hukum Terus mau Kemana?

1.Melamar pekerjaan
So pasti bisalah ya secara anak Hukum itu kan bisa di tempatkan di bagian legal perusahaan baik itu yang berurusan dengan HRD ataupun Pure Legal Officer dengan catatan kamu sudah paham seluk beluk Hukum Bisnis atau at least kamu pernah punya pengalaman di Perusahaan. Kalau belum pernah bagaimana ? "Ya belajar lah masa mau tidur 😝😝😝.
Kesimpulanya Kalau teman-teman mau bekerja juga tidak akan kesulitan menemukan pekerjaan karena Jurusan Hukum itu bisa diterima di mana saja, hampir disetiap lini perusahaan membutuhkan orang-orang yang mengerti dan paham akan dunia Hukum.

2.Jadi Pegawai Negeri
Maybe Yes Maybe Not ha ha ha ha πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
Aku kurang tau ya sekarang ini masih ada apa ya penerimaan Pegai Negeri di zaman Jokowi. Kalau saya sih ngk pernah minat jadi pegawai negeri menurut aku jadi beban buat negara ini kasian masyarakat harus bayar pajak terus membayar kita yang kebanyakan tidak bekerja dengan baik dan benar " jangan tersinggung ya πŸ’ƒπŸ’ƒkalau tersinggung berarti kena deh 😝😝😝"

3.Jadi Notaris
Kalau memang bercita-cita jadi Notaris mesti bersabar lagi karena butuh waktu yang lebih lama, setelah lulus S1 Hukum teman-teman harus kuliah S2 Kenotarisan dan dengar-dengar kuliah Notaris itu lumayan lah menguras Duit dan Emosi 😏 setelah lulus S2 Notaris teman-teman tinggal daftar di Ikatan Notaris Indonesia (INI) Karena kalau dirimu tidak daftar disitu nanti ngk bisa ikut Ujian Kode Etik .
Terus apalagi Kakak? "terus, terus Nabrak nanti πŸ˜†)
Setelah daftar di INI langkah selanjutnya cari tempat magang tentunya di kantor Notaris ya jangan di Kantor KUA ha ha ha ha " itu sih nikah dudul 😍)
Nah yang harus teman-teman perhatikan kalau lagi magang jangan cuma diajarin menulis akta tetapi cara menghadapi klien, menjahit akta" what ? menjahit akta? emank kita penjahit kok pakai jahit-jahit akta segala? nanti kamu teman-teman tau sendirilah kalau sudah kuliah notaris, aku juga kurang tau karena aku tidak ambil jurusan Notaris wkwkwkwkw 😝😝😝😝😝, berurusan dengan Badan Pertanahan Nasional dll.
Setelah magang setahun teman-teman tinggal nunggu ujian kode etik kalau teman-teman lulus tunggu deh keluar SK sebagai Notaris terus diambil sumpahnya " bukan sumpah palsu ya ha ha ha 😎😎😎" terus setelah penyumpahan resmi deh teman-teman jadi Notaris dan siap membuka kantor sendiri ye ye ye ye πŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ’ƒπŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š.

4.Jadi Advokad
Aku cerita singkat aja di bagian ini karena nanti aku akan menulis perjalanan aku jadi Advokad, sekarang aku kasih garis besarnya aja, kalau teman-teman sudah lulus S1 Hukum bisa langsung ikut PKPA kemudian ikut ujian Advokad setelah lulus ujian langkah selanjutnya teman-teman harus Magang selama 2 Tahun di kantor Advokad yang sudah di tunjuk atau minimal sudah beroperasi antara 5-7 Tahun setelah magang selesai saatnya ikut penyumpahan Advokad di Pengadilan Tinggi Setempat dan mendapatkan kartu Advokad. Setelah semua proses itu selesai Resmi dah jadi Advokad teman-teman bisa bikin kantor sendiri atau barengan dengan rekan advokad lainya atau bisa juga bergabung di bawah naungan LBH bahkan bisa menjadi Legal Officer di perusahaan seperti yang saya jelaskan di Poin 1 tadi. 

Aku rasa itu aja yang teman-teman bisa lakukan setelah lulus kuliah S1 Hukum intinya begini pilih apa saja yang teman-teman sukai dan terus belajar, rendahkan ego dan perbaiki sikap karena yang paling dinilai oleh orang itu adalah sikap kemudian dibarengi dengan kualitas skill yang baik. Insya Allah jangan lupa berdoa teman-teman akan menjadi sesuatu yang bisa memberikan manfaat kepada orang lain dan masyarkat pada umumnya. Semoga Sukses dan tetap jadi diri sendiri.

VERSI VIDEO ↴




Im out For Lunch  :)
See you in my other Note
Makasih sudah mampir di blok aku
I love you all... πŸ’™πŸ’™πŸ’™πŸ’™πŸ’™
Meru πŸ‘ŠπŸ‘ŠπŸ‘Š


27 comments:

  1. untuk jadi advokat itu wajib magang dua tahun yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo TAKA maaf baru sempat balas Iya harus dan wajib itu 2 tahun .. undang2 advokad yang baru kan ada tuh harus magang selama 2 tahun sebelum di sumpah jadi advokat.

      Delete
  2. kak.. saya mau tanya , ada di beberapa jurusan di univ2 swasta yang ilmu hukum dan ada juga yang hukum doang , jadi apa beda nya ya kak ilmu hukum sama hukum? trus kalau saya mau jadi jaksa saya harus ambil jurusan ilmu hukum atau hukum atau dua dua nya bisa kak?
    sebelum nya terima kasih kak untuk tulisan2 nya yang menambah wawasan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Ilmu Hukum itu benar2 meemperlajari secara khusus tentang hukum nah kalau kamu mau jadi Jaksa ambil yang ILmu Hukum dan spesialisasi Hukum Pidana... Karena kalau hanya Hukum Saja itu general biasanya belajar juga hukum bisnis dan lain2 kalau Ilmu Hukum Cenderung konsentrasinya ke Hukum Acaranya ..mungkin begitu saya bisa menjelaskanya kalau kurang dan salah mohon maaf saya juga masih belajar he he he
      jangan lupa cek2 juga youtube saya :)
      sama-sama semoga harinya menyenangkan

      Delete
  3. Halo kak,kalau mahasiswa baru cocok nya baca referensi buku apa ya supaya dasar pengetahuannya kuat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Melisa hal2 umum tentang hukum dulu coba di cek di youtube saya yang video dgn judul hal2 yang perlu kamu ketahui tentang hukum,,, dan juga Bisa baca buku tetang dasar2 ilmu hukum, pengantar ilmu hukum dan hukum indonesia buku ini biasanya banyak di perpustakaan karena versi lama itu biasanya pembahasaanya jauh lebih detail.. good luck ..makasih sudah mampir dan enjoy your law class..

      Delete
  4. halo kakak aku mau tanya.
    kakak jurusan hukum aja atau ilmu hukum?
    terus kita kalo kuliah 2 jurusan th kak?
    mkasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Vanda maaf ya sekian lama baru sempat balas ha ha ha .. maafin saya lagi banyak perkara..saya ilmu hukum kalau bisa ambil kuliah jurusan ilmu hukum biar kedepanya bagus :)

      Delete
  5. Replies
    1. maaf baru balas setelah sekian lama ha ha ha ha
      kakak sekarang Advokat di salah satu lembaga bantuan hukum di kalimantan timur

      Delete
  6. hi Zakaria makasih sudah mampir jangan lupa main di youtubeku.. sekarang ini kakak lagi magang sebagai Advokat di Salah satu kantor Lembaga Bantuan Hukum di Kalimantan Timur Insya Allah Tahun ini Disumpah jadi Advokat sambil Youtubers juga..

    ReplyDelete
  7. Kak susah mana kuliah hukum sama kuliah teknik kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut kakak sih masih susah kuliah teknik karena kakak paling benci sama aljabar, kalkulus, algoritma dan keluarganya itu lah ha ha ha ha

      Delete
    2. sorry baru balas ya :) jangan lupa main2 ke youtube saya .. terima kasih

      Delete
  8. Kak bagaimana untuk menjadi hakim hukum apa yg harus dipelajari

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kamu mau jadi hakim PN ATAU PA atau TUN karena itu beda2 klasifikasinya.. sorry baru balas ya :) jangan lupa main2 ke youtube saya .. terima kasih

      Delete
  9. Kak bagaimana untuk menjadi hakim hukum apa yg harus dipelajari

    ReplyDelete
  10. PKPA ' PENDIDIKAN KHUSUS PROVESI ADVOKAT " sorry baru balas ya :) jangan lupa main2 ke youtube saya .. terima kasih

    ReplyDelete
  11. ka apakah setelah lulus s1 hukum bisa masuk kepolisian?btw chanel youtubenya apa ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa donk bahkan jabatanya nanti lebih tinggi daripada lulusan sma .. pokoknya malah wajib kamu kuliah hukum lagi kalau mau naik jabatan ,,jadi sudah tepat kulaih jurusan hukum .. itu ada linknya di atas :) atau cari aja The Gentleman cave di youtube .. maaf ya baru sempat balas

      Delete
  12. Kak kalau kuliah hukum itu harus pintar bahasa inggris yah?

    dan apa bedanya
    Teknik hukum
    Hukum
    Dan ilmu hukum kak?
    Sekian terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak juga karena materi bahasa inggris hukum cuma ada di semester 3 selebihnya sudah ngk ada tapi kalau bisa belajar bahasa inggris biar ada nilai tambahnya ...

      ngk ada teknik hukum adanya Ilmu hukum .. mungkin maksud kamu Perbedaan antar Ilmu hukum dan Hukum ?

      Delete
  13. Kak kalo cewe masuk ilmu hukum itu nnti kan katanya di smstr 4 klo ga salah di suruh pilih jur konsentrasi ada 2 itu perdata sma pidana, klo cwe lbih bagus pilih mana yh kak? Maaf kak sbelumnya soalnya saya bru mau jdi calon maba ambil jurusan ilmu hukum:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf nimbrung, nggak ada hubungannya Kak, antara cewek dan cowok khususnya di dunia hukum. Kita sendiri mengejar keadilan jadi jangan sampai kita membeda-bedakan diri sendiri. Nah, untuk konsenstrasi bidang itu bisa kamu pilih setelah kamu jalani dulu 1-2 semester, evaluasi dulu kamu suka & sanggupnya yang mana.

      Delete
  14. Haloo terimakasih inspirasinya selama INI melek hukum Dr awal masuk kuliah sampai udh selesai banyak ilmu yg sy dapat kan yg dulunya culun hukum Sekarang JD pede hukum he he...

    ReplyDelete